Lampu mobil adalah hal yang sangat dibutuhkan saat sedang berkendara, terutama saat malam hari atau pada kondisi hujan. Penerangan lampu mobil tidak akan bekerja secara optimal saat kaca lampu kusam atau buram. Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan tips cara membersihkan sendiri lampu mobil dengan benar tanpa membawanya ke bengkel.

Sebenarnya ada beberapa hal yang dapat mengakibatkan kondisi ini, mulai dari jamur yang diakibatkan kotoran menumpuk, tegangan lampu yang terlalu tinggi hingga terlalu lama parkir dibawah sinar matahari langsung. Kondisi ini semakin buruk apabila pemilik mobil tidak pernah melakukan perawatan dan membersihkan lampu mobil dengan benar.


1. Mencuci Lampu Mobil

Pada mobil keluaran terbaru tidak jarang dilengkapi dengan washer yang terpasang built in yang bekerja secara otomatis saat washer kaca depan dinyalakan. Namun permasalahannya washer lampu depan ini tidak dilengkapi dengan wiper mobil sehingga hanya akan membersihkan kotoran pada permukaan. Sedangkan sisa kotoran yang tertinggal akan mengeras dan membuat kaca lampu menjadi buram dan kusam.

Langkah yang paling pertama harus Anda lakukan adalah mencuci lampu depan mobil dan mengeringkannya dengan menggunakan lap kanebo. Pencucian ini dilakukan supaya kotoran yang menempel pada kaca lampu mobil dapat hilang supaya dapat bersih secara maksimal. Lakukan ini secara berkala supaya kaca lampu depan Anda benar benar bersih dari kotoran yang mengganggu.


2. Lap atau Kain

Anda dapat menggunakan lap atau kain microfiber untuk menghilangkan sisa sisa kotoran yang menempel pada kaca lampu depan. Anda harus rutin melakukannya terutama setelah selesai bepergian. Hal ini dimaksudkan supaya sisa sisa kotoran yang terdapat pada kaca lampu depan mobil tidak sampai menumpuk yang dapat mengakibatkan kaca lampu menjadi buram atau kusam. Anda juga dapat memaksimalkan kebersihannya dengan mencucinya dan pastikan tidak ada sisa air sabun yang menempel.


3. Kompon

Kompon dapat digunakan untuk membersihkan kotoran yang membandel dan tidak dapat dihilangkan dengan mencuci. Kotoran yang sudah terlanjur mengeras ini dapat dihilangkan dengan menggunakan kompon, namun dalam melakukannya sebaiknya Anda cukup berhati hati karena memiliki sifat yang mengikis. Hanya gunakan kompon di saat saat tertentu, ya.

Cara menggunakannya cukup mudah, pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan permukaan kaca lampu yang akan dibersihkan menggunakan lap kering. Pastikan permukaan kaca benar benar kering dari air ataupun hal lain yang dapat menghambat proses pembersihan. Usapkan secara perlahan dengan gerakan memutar sampai kaca lampu benar benar bersih.


4. Pasta Gigi

Apabila kompon Anda terasa terlalu mengikis lampu, maka Anda bisa menggunakan pasta gigi untuk membersihkan kotoran yang membandel. Sebagian besar produk pasta gigi pasti mengandung soda kue atau bahan penggosok lembut yang ditujukan untuk membersihkan kotoran pada gigi. Anda bisa juga melakukan hal yang sama pada hampir semua permukaan termasuk kaca lampu.

Cara melakukannya tidak terlalu sulit, ratakan pasta gigi ke lampu depan dengan sikat kecil. Gosok terus secara perlahan dengan gerakan memutar sampai Anda melihat dan merasakan kotorannya terlepas. Setelah selesai Anda bisa gunakan air hangat dan kain untuk membersihkan sisa pasta gigi yang masih menempel. Untuk pembersihan yang lebih menyeluruh, Anda bisa menggunakan rotary buffer untuk mengoleskan pasta gigi.

Atau jika Anda tidak ingin menggunakan pasta gigi, bisa menggunakan pasta yang terbuat dari air dan soda kue.


5. Produk Khusus

Saat ini sudah banyak produsen yang membuat produk pembersih mobil yang dirancang khusus untuk membersihkan lampu depan mesin sampai benar-benar bersih. Ini umumnya termasuk senyawa pembersih yang sangat efektif, terlebih kalau Anda mengkombinasikannya dengan rotary buffer untuk mendapatkan hasil lebih baik. Harganya memang tidak murah, namun akan terasa lebih terjangkau apabila harus membawanya ke bengkel atau salon mobil untuk membersihkan kotoran pada kaca mobil.


6. Amplas

Apabila tidak memiliki semua bahan bahan yang sudah disebutkan di atas, Anda bisa juga menggunakan amplas untuk membersihkan kaca lampu depan yang buram dan kusam. Namun harap diperhatikan, dengan menggunakan amplas pada lampu depan sedikit memiliki risiko, jadi Anda bisa melakukannya secara perlahan supaya tidak merusak kaca lampu depan mobil.

Jika Anda ingin melanjutkan, inilah cara melakukannya:

  1. Basahi lampu depan dengan air hangat dan gunakan amplas 400 grit.
  2. Gunakan amplas dengan perlahan dalam gerakan melingkar, berikan tekanan ringan dan selalu jaga amplas dan lampu depan tetap basah.
  3. Setelah Anda selesai mengamplas seluruh lampu depan, amplas kembali dalam garis horizontal untuk menyelesaikannya.
  4. Ulangi lagi langkah pertama dengan menggunakan amplas basah 600 grit dan tetap menggunakan gerakan melingkar.
  5. Setelah Anda mengamplas seluruh lampu depan, bersihkan lagi dengan air bersih.
  6. Ulangi lagi langkah pertama dengan menggunakan amplas basah 2000-grit dan tetap menggunakan gerakan melingkar.
  7. Setelah Anda mengamplas seluruh lampu depan, pastikan semua kotoran telah dihilangkan.
  8. Anda bisa mengulangi langkah terakhir apabila dibutuhkan.
  9. Bersihkan lampu depan dengan air hangat dan keringkan.
  10. Langkah terakhir Anda bisa mengoleskan wax untuk hasil lebih maksimal.

Keluarga Wuling, itulah 6 langkah cara membersihkan lampu mobil kesayangan Anda. Ayo coba diterapkan dan semoga berhasil!

Share :