Mobil menjadi kendaraan yang seringkali mengalami permasalahan dan salah satu permasalahan yang sering dialami saat musim hujan yaitu adanya genangan air. Pada saat genangan air tinggi atau banjir tentu akan menjadikan kerja mobil terhambat.

Untuk bisa menghindarkan atau mengatasi genangan air, maka ground clearance sebuah mobil sangatlah perlu untuk diperhatikan dengan baik. Sebelum Anda mengetahui mengenai fungsinya, Anda juga perlu paham dulu konsep dasar dari ground clearance mobil.

Sekilas Tentang Ground Clearance

Ground clearance adalah jarak antara komponen mobil dengan titik paling rendah dengan tanah. Pada dasarnya, ground clearance akan berguna untuk menjaga kualitas dan stabilitas dari mobil. Semakin tinggi ground clearance biasanya semakin aman buat dipakai.

Area yang paling rendah dan paling dekat dengan tanah adalah kolong mobil. Masih banyak pengendara yang keliru dengan ukuran kolong mobil, karena dianggap pengukurannya didasarkan dengan ukuran ban mobil.

Pada dasarnya, pengukuran kolong mobil dihitung dari knalpot atau sering disebut dengan center muffler. Pada saat Anda hendak memodifikasi atau mau membeli mobil bekas, maka Anda perlu perhatikan bagian terendah tersebut.

Banyak sekali orang yang menyepelekan mengenai kolong mobil, padahal bagian kolong menjadi bagian penting sebuah mobil. Secara umum, ukuran standar mobil sangat berbeda-beda dan hal ini sangatlah perlu Anda perhatikan dengan baik.

Bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas, maka perlu mengetahui ukuran ground clearance mobil Anda. Bukan hanya berhubungan dengan performa mobil, namun juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

Jika ingin melakukan modifikasi pada mobil, maka Anda bisa merubah ground clearance sesuai dengan keinginan. Pastikan modifikasi dilakukan dengan teknik yang benar dan perhitungannya harus matang, agar bisa lakukan modifikasi dengan hasil terbaik.

Fungsi Ground Clearance Pada Mobil

Setelah Anda mengetahui dasar dari ground clearance, maka Anda juga perlu mengetahui fungsi dari ground clearance. Pastikan Anda tidak memodifikasi kolong mobil terlalu rendah, agar kenyamanan berkendara tidak terganggu.

1. Hindarkan Masuknya Air ke Bagian Mesin

Jika mobil Anda memiliki ground clearance yang rendah, maka potensi masuknya air ke bagian dalam mesin sangatlah besar. Saat air sudah terlanjur masuk ke mesin, maka akan merusak bagian mesin dan akan menyebabkan kerusakan di bagian water hammer.

Ketika kondisi jalanan banjir dan ground clearance mobil terlalu rendah, maka air akan mudah masuk melalui lubang knalpot. Namun saat mobil ground clearance tinggi tentu air tidak akan merusak bagian mesin, sehingga mesin bisa bekerja secara normal.

Mobil yang rusak akibat mesinnya kemasukan air tentu perlu di bawa ke bengkel dan tentunya biaya yang dibutuhkan tidaklah murah. Anda perlu ganti beberapa komponen pada mesin mobil, apabila kerusakan komponennya sudah terlalu parah.

2. Melewati Jalanan Yang Tidak Rata

Mobil yang ceper atau ground clearance rendah biasanya adalah mobil hasil modifikasi dan mobil yang terlalu ceper akan kesulitan saat melewati jalanan yang tidak rata. Mobil standar memiliki ukuran tinggi sekitar 1 sampai 2 meter, namun untuk mobil modifikasi jaraknya bisa mencapai 10-15 cm.

Kolong mobil yang terlalu rendah tentu akan membuat pengendara repot dan akan membuat mobil menjadi tidak nyaman di pakai saat melewati jalanan yang tidak rata. Mobil ceper akan kesulitan saat melewati polisi tidur.

Saat ground clearance rendah dibiarkan dalam waktu yang lama tentu akan merusak bagian bawah mobil. Selain itu, kenyamanan para pengendara juga akan sangat terganggu. Jika Anda menggunakan mobil dengan ground clearance rendah, maka kemungkinan celaka akan sangat besar.

Berpengaruh Terhadap Kondisi Suspensi Mobil

3. Berpengaruh Terhadap Kondisi Suspensi Mobil

Secara umum, sistem suspensi pada sebuah mobil memiliki peranan untuk bisa menopang beban mobil dan menjaga mobil dari road shockSuspensi mobil juga akan membuat gerakan pada roda menjadi lebih baik saat melewati jalanan yang tidak rata atau bergelombang.

Kekuatan suspensi juga sangat terpengaruh dari ketinggian kolong mobil. Pada dasarnya, semakin rendah kualitas sistem suspensi mobil akan membuat kinerja mobil menjadi tidak baik. Setidaknya ada 3 faktor penting yang perlu diperhatikan dalam sistem suspensi mobil.

Suspensi mobil akan membantu menciptakan gerakan gelembung atau gerakan vertikal dengan sangat baik. Suspensi mobil juga akan menciptakan suatu gerakan yang setengah lingkaran, sehingga kursi roda di bagian depan dan belakang berjalan dengan baik.

Bukan hanya itu, suspensi mobil juga menciptakan gerakan menggulung. Gerakan tersebut akan berlangsung di sekitaran axle yang membujur dan gerakan tersebut akan menghasilkan gaya sentrifugal pada saat mobil dibelokkan.

Mobil bisa berbelok dengan lancar dan melewati jalanan terjal, apabila kondisi kolong mobilnya diperhitungkan dengan baik. Apabila ground clearance tidak diperhitungkan dengan baik, maka bantingan stir atau kemudi menjadi lebih berat.

Almaz RS menjadi salah satu kendaraan berkualitas yang memiliki ground clearance yang tinggi yaitu sekitar 230 mm. Dengan kondisi yang baik, maka Almaz RS sangat rekomen untuk Anda miliki.

Sekian bahasan lengkap mengenai pengertian ground clearance dan fungsinya pada mobil. Semoga semua bahasannya bisa menjadi referensi terbaik dan bisa bermanfaat buat para pembacanya.

Share :