Mobil mogok di jalan sebenarnya sudah menjadi kejadian yang cukup lumrah ditemui. Terkadang banyak pemilik mobil yang mengalami kendala saat dalam perjalanan dan mendapati mobilnya bermasalah hingga menyebabkan mogok.
Apabila mengalami kejadian yang demikian, Anda tidak perlu panik. Tetap dalam pikiran jernih, apabila panik malah akan membuat Anda kesulitan untuk berpikir dalam menangani masalah mobil yang mogok.

Sebenarnya, mobil yang mogok memiliki penyebab tertentu. Sebelum mendapati kejadian mobil yang dikendarai mogok di jalan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meminimalisir terjadinya mobil mogok di jalan. Yuk, simak apa penyebab, dan bagaimana cara mengatasi serta mencegah mobil Anda mengalami mogok di penjelasan berikut.

Penyebab Mobil Mogok Mendadak

Sebenarnya ada cukup banyak penyebab mobil mogok mendadak di jalan. Beberapa penyebab mobil mogok yang dibahas di bawah ini biasanya menjadi penyebab secara umum.
Aki Mobil Bermasalah
Ada banyak orang yang percaya bahwa aki mobil yang rusak adalah penyebab mobil mogok dan tidak dapat distarter. Aki yang rusak biasanya mengurangi kinerja mobil. Walaupun telah dicoba berkali-kali, mesin akan sulit dinyalakan.
Filter Bensin Tersumbat
Jika bensin habis, mobil tidak dapat berjalan. Mobil bisa mogok meskipun ada bahan bakar. Ini bisa terjadi karena filter bensin tersumbat. Saat mengisi bensin, tangki bensin dapat terkontaminasi, dan penyumbatan pada channel bahan bakar menyebabkan aliran bensin tersendat ke dalam mobil. Selain itu, salah satu alasan mengapa mobil brebet saat di gas adalah karena filter bensin tersumbat.
Alternator Bermasalah
Alternator adalah dinamo ampere yang memasok energi listrik dari aki mobil. Dengan memastikan pasokan energi terpenuhi, alternator memungkinkan mobil untuk dihidupkan dan berjalan. Mobil dapat mogok jika komponen ini bermasalah.
Dinamo ampere dapat rusak dengan seiring berjalannya waktu. Dalam hal ini, ketika energi listrik yang didistribusikan hilang, mesin mobil dapat mati secara tiba-tiba.
Mesin Overheat
Mesin mobil yang terlalu panas atau overheat bisa menyebabkan mogok mendadak. Biasanya ketika mesin mobil ini terlalu panas karena kurang maksimalnya kinerja dari radiator mesin yang memiliki fungsi untuk menjaga suhu dari mesin mobil.
Salah satu fungsi yang sangat penting dari karburator mobil adalah mendistribusikan bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran mesin. Sulit untuk menghidupkan mobil ketika jumlah bahan bakar yang masuk terlalu sedikit. Akibatnya, proses pembakaran tidak sempurna.
Catalytic Converter yang Rusak
Salah satu komponen mobil yang sangat penting untuk menekan tingkat racun yang dihasilkan oleh gas polutan adalah alat pengatur emisi buang, yang juga dikenal sebagai catalytic converter.
Tidak mengherankan bahwa kerusakan pada alat ini dapat menyebabkan mesin mobil mati dan tidak dapat dihidupkan karena berhubungan langsung dengan sistem pembuangan gas polutan.
Baut Mesin yang Kendor
Baut pada mesin mobil yang kendor akan menyebabkan oli mesin merembes dan kompresi mesin mobil hilang. Sehingga mesin mobil tidak dapat menyala dan berjalan seperti biasanya.
Oli pada Gearbox Habis
Oli gearbox biasa pada pengguna mobil matic. Untuk mempermudah transmisi pada mobil matic, keberadaan oli pada gearbox sangat penting. Apabila oli habis, tentu akan menghambat kinerja mesin yang membuatnya mogok.
Terjadi Masalah pada Pengapian
Pengapian pada mobil seperti busi menjadi komponen penting yang membuat mesin mobil menyala. Apabila busi pada mobil sudah rusak, tentu mesin mobil tidak akan menyala saat distarter.

Cara Mengatasi Mobil Mogok

Ketika mendapati mobil yang dikendarai mogok, Anda tidak perlu panik dan khawatir. Cukup lakukan beberapa langkah di bawah ini untuk mengatasi mobil yang mogok.
Menyalakan Lampu Hazard
Ketika mendapati mobil yang mogok, Anda tidak perlu panik. Sebisa mungkin langsung memberi sinyal kepada pengendara lain bahwa mobil Anda mogok dengan menyalakan lampu risk atau bisa melambaikan tangan keluar.
Lambaian tangan keluar ini bisa diartikan oleh banyak pengemudi bahwa terjadi situasi darurat dan pengemudi di belakang mobil Anda bisa untuk menyalip.
Arahkan Mobil Ke Pinggir Jalan
Ketika sudah memastikan bahwa mobil benar-benar mogok dan tidak bisa menyala, alangkah lebih baiknya kalau mobil dipindahkan ke tempat yang aman.
Arahkan mobil ke pinggir jalan apabila sebelumnya berada di tengah. Lalu, beri tanda bahwa mobil yang Anda bawa ini mogok dengan memasang tanda segitiga merah di depan maupun belakang.
Mengecek Lampu Indikator
Lampu indikator pada dashboard mobil biasanya memberi tanda apabila mobil mogok. Akan ada salah satu lampu indikator yang terus menyala apabila ada kesalahan pada mobil Anda.
Cek Komponen Kerusakan
Setelah mengetahui masalah yang dialami oleh mobil melalui lampu indikator, Anda bisa mengecek komponen mobil yang bermasalah. Baik itu aki mobil, komponen pengapian, atau masalah kelistrikan.
Apabila dirasa kurang mampu, Anda bisa langsung memanggil mekanik panggilan atau bengkel panggilan supaya mobil Anda ditangani dengan baik.
Lakukan Perbaikan
Apabila masalah yang dialami mobil cukup ringan, biasanya akan mudah untuk diperbaiki dan bisa langsung digunakan kembali setelah dibenahi oleh mekanik panggilan. Jika memang ada kerusakan parah, pada umumnya mobil akan diderek menuju bengkel.

Mobil Mogok Tidak Bisa Distarter

Mobil mogok tidak bisa distarter bisa terjadi karena banyak faktor. Mesin mobil cukup kompleks dan saling berkaitan satu sama lain. Jika salah satu komponen mesin mobil mengalami kerusakan atau gangguan yang menghambat fungsinya, hal itu dapat merusak komponen lainnya.
Sama seperti penyebab mobil tidak bisa distarter, ada banyak pemicu yang dapat menyebabkan mobil tidak bisa distarter tetapi lampu menyala atau bunyi “tek-tek”:
Meskipun dinamo starter adalah komponen mobil yang jarang rusak, komponen tersebut dapat rusak jika Anda mengendarai mobil dengan sembarangan atau jika usia sudah habis.
Aki mobil sangat penting untuk kelancaran sistem kelistrikan mobil. Jika aki rusak, mobil tidak dapat distarter.
Bahan bakar kendaraan:Jika bahan bakar kendaraan tersumbat, sulit untuk menyalurkan bahan bakar ke ruang pembakaran. Hasilnya adalah mobil tidak dapat distarter dan mesin tidak menyala.
Busi:Busi mobil yang rusak, kotor, dan korosi dapat menghambat percikan api yang diperlukan untuk menyalakan mesin.
Bahan bakar kendaraan: Jika bahan bakar kendaraan tersumbat, sulit untuk menyalurkan bahan bakar ke ruang pembakaran. Hasilnya adalah mobil tidak dapat distarter dan mesin tidak menyala.
Alternator:Jika mobil tidak bisa distarter tetapi lampu menyala, atau tidak bisa distarter dengan bunyi “tek-tek”, itu mungkin karena alternator rusak.

Cara Mencegah Mobil Mogok

Sebelum mengalami mobil mogok di jalan, alangkah lebih baik mencegahnya supaya tidak terjadi selama perjalanan Anda. Untuk mencegah mobil mogok ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, yaitu:
Perawatan Secara Rutin
Melakukan perawatan secara rutin menjadi salah satu cara ampuh agar mobil Anda tidak mogok saat digunakan. Pasalnya, saat mobil mengalami perawatan secara berkala akan meminimalisir terjadinya kerusakan yang terjadi saat dipakai untuk berkendara.
Panaskan Mesin Sebelum Dipakai
Memanaskan mesin sebelum dipakai dapat meminimalisir terjadinya mobil mogok. Selain itu, memanaskan mesin mobil tidak hanya dilakukan saat mobil akan dipakai, melainkan saat mobil tidak digunakan juga tetap harus dipanaskan secara berkala. Hal ini dilakukan agar aki mobil tidak tekor.
Mengecek Bahan Bakar Sebelum Dipakai
Sebelum mengendarai mobil, alangkah lebih baik untuk melakukan persiapan. Salah satunya adalah mengecek kondisi mobil bahwa memang dalam keadaan yang baik. Salah satunya adalah mengecek bahan bakar, apabila bahan bakar sudah menipis, lebih baik langsung diisi sebelum melakukan perjalanan jauh.

Demikian penjelasan lengkap dari penyebab mobil mogok secara mendadak, cara mengatasinya hingga cara mencegah mobil mogok di jalan. Semoga bermanfaat untuk Anda! 

Share :