Di tahun 2021 ini, biasanya kebutuhan akan semakin banyak. Bisa apa saja, salah satunya dengan beli mobil baru untuk mengganti yang lama. Sudah pasti ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan kalau membeli mobil baru. Mulai dari beragamnya model yang ditawarkan hingga fitur dan teknologi terbaru yang bisa jadi belum dimiliki pada mobil Anda sebelumnya.

Banyaknya model yang ditawarkan bisa membuat bingung dan tidak jarang menyesal belakangan karena mobil yang tidak sesuai dengan keinginan. Supaya Anda tidak salah memilih, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat membeli mobil supaya tidak kecewa di kemudian hari.

Sesuaikan Dengan Kebutuhan Anda

Ada banyak jenis mobil yang ditawarkan saat ini. Namun sebelum Anda memilih mana mobil yang sesuai dan akan dijadikan prioritas, terlebih dahulu Anda harus menentukan jenis mobil yang akan Anda gunakan.

Sebut saja jenis mobil MPV (Low Multi Purpose Vehicle) atau SUV (Sport Utility Vehicle). Pada tahapan ini ada baiknya Anda benar-benar menyesuaikan jenis mobil dengan kebutuhan Anda dan keluarga sehari-hari supaya tidak menyesal belakangan.

Buat Daftar Checklist Mobil Impian

Setelah Anda selesai menentukan jenis mobil yang akan Anda beli, langkah selanjutnya adalah membuat daftar checklist mobil apa saja yang akan dibeli. Langkah kedua ini cukup penting karena akan menjadi panduan Anda saat test drive, jadi Anda bisa membuat perbandingan pada setiap mobil yang akan Anda pilih.

Daftar checklist yang sebaiknya Anda jadikan pertimbangan adalah karakteristik unit, seperti kemudi, tenaga, akselerasi, pengereman, warna eksterior, kenyamanan saat berada di dalam kabin, sampai dengan fitur dan teknologi yang disediakan.

Ada baiknya juga kalau Anda mencari referensi dan mendiskusikannya dengan orang terdekat Anda. Masukan ini cukup baik untuk membantu Anda membuat keputusan penting.

Pastikan Kenyamanan dan Keamanan Terjamin

Memastikan mobil yang dibeli memiliki kenyamanan dan keamanan yang terjamin adalah sangat penting untuk Anda, karena Anda akan seterusnya menggunakan mobil tersebut untuk berbagai kegiatan sehari-hari.

Ada banyak faktor yang bisa Anda pertimbangkan disini, seperti kenyamanan dalam kabin, kemudahan pengaturan jok, keleluasaan pandangan dan masih banyak lagi. Tidak hanya dari segi kenyamanan saja, tentu saja Anda juga harus mempertimbangkan faktor keamanan karena tidak ingin mobil dicuri bukan?

Ada beberapa model mobil yang tidak menyertakan sistem keamanan yang baik karena beberapa hal. Anda memang bisa menambahkannya sendiri, namun akan jauh lebih mudah dan simpel apabila sudah terintegrasi dari awal, ‘kan?

Cek Kembali Fitur-Fiturnya

Kelengkapan fitur kendaraan akan memberikan nilai tambah tersendiri. Namun ada satu poin yang harus Anda pikirkan dan pertimbangkan, apakah fitur yang akan didapatkan tersebut dapat membantu saat Anda mengemudi? Apakah pengoperasian fitur tersebut mudah? Ada baiknya melakukan pengecekan dan survei terlebih dahulu supaya memudahkan di kemudian hari.

Pertimbangkan Biaya yang Harus Dikeluarkan

Memiliki mobil baru tentunya ada biaya yang harus Anda keluarkan nantinya. Biaya biaya tersebut meliputi biaya pemeliharaan rutin, asuransi kendaraan, bahan bakar dan perawatan yang membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Pahami dan pertimbangkan apa saja biaya yang harus Anda keluarkan dan sebaiknya konsultasi dengan tenaga penjual atau mencari informasi dari pengguna mobil yang Anda inginkan. Anda bisa memanfaatkan media sosial atau forum yang sudah ada.

Jangan Ragu Melakukan Test Drive!

Performa dan kenyamanan mobil yang akan Anda beli harus diketahui secara langsung. Anda bisa melakukan test drive untuk mencoba langsung mobil yang akan Anda beli. Sebelum melakukan test drive Anda harus benar-benar melakukan pengecekan spesifikasi supaya bisa mengecek apakah mobil yang akan dibeli sudah benar-benar sesuai saat dikendarai atau tidak.

Test drive juga sangat berguna untuk merasakan suasana saat berkendara yang sebenarnya. Anda bisa mencoba mengemudi melewati tanjakan dan turunan supaya bisa merasakan bagaimana performa mobil yang akan Anda beli.

Jangan lupa untuk memperhatikan tenaga, performa dan rem, karena itu sangat penting untuk kenyamanan Anda selama berkendara selanjutnya. Jangan ragu untuk mencoba mengambil rute yang beragam atau minimal rute yang sering dilalui setiap harinya.

Jangan Terburu Mengambil Keputusan

Hindari memutuskan membeli mobil baru di hari yang sama saat Anda melakukan test drive. Wangi mobil baru seringkali menggoda Anda untuk membuat keputusan yang bisa jadi tidak seharusnya. Ada baiknya Anda menunggu beberapa hari sebelum memutuskan supaya bisa melakukan perbandingan secara menyeluruh.

Lakukan Perbandingan Harga dan Sisihkan Anggaran

Harga adalah faktor utama yang akan mempengaruhi pertimbangan dalam membeli mobil. Lakukan komparasi antara model dari jenis mobil yang Anda inginkan. Pertimbangkan promosi yang ditawarkan untuk mendapatkan harga terbaik.

Segera sisihkan anggaran Anda untuk mendapatkan mobil impian, apakah akan membeli secara tunai atau kredit bukan menjadi masalah selama tidak mengganggu cash flow anggaran bulanan Keluarga Wuling secara keseluruhan.

Share :